Rabu, 25 April 2012

Resume struktur pasar


Struktur pasar adalah penggolongan pasar berdasarkan strukturnya dan dibagi kedalam beberapa bagian
Berdasarkan fisiknya , pasar dapat di bedakan menjadi beberapa macam , yaitu :
1.       Pasar tradisional
2.       Pasar raya
3.       Pasar abstrak
4.       Pasar konkrit
5.       Toko swalayan
6.       Toko serba ada

Berdasarkan jenis barang yang dijual , pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam , yaitu :
1.       Pasar ikan
2.       Pasar buah-buahan
3.       Pasar sayur-sayuran
4.       Pasar bahan bangunan
5.       Pasar barang elektronik
6.       Pasar barang perhiasan
7.       Bursa efek dan saham

Jenis-jenis struktur pasar
1.       Pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna ini terjadi pada saat jumlah produsen yang sangat banyak yang memproduksi barang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak pula.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
-          Jumlah penjual dan pembeli banyak
-          Barang yang dijual sejenis antara satu sama lain
-          Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar
-          Penjual hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga)

2.       Pasar persaingan tidak sempurna
a.       Pasar monopoli
adalah bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual (produsen) yang berhadapan dengan banyak pembeli (konsumen).
Ciri-ciri pasar monopoli :
-        Hanya ada 1 produsen yang menguasai penawaran
-        Tidak ada barang pengganti yang mirip
-        Produsen memiliki kekuatan dalam menentukan harga

b.      Pasar oligopoli
Adalah bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual (produsen) yang menguasai seluruh permintaan pasar.
Ciri-ciri pasar oligopoli :
-          Terdapat beberapa penjual (produsen) yang menguasai pasar
-          Barang yang dijual dapat berupa barang homogen maupun berbeda corak
-          Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar
-          Satu diantaranya para oligopolis merupakan price taker yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar terbesar

c.       Pasar duopoli
Pasar duopoli terjadi dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.

d.      Pasar monopolistik
Pasar ini merupakan salah satu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.

e.      Pasar monopsoni
Pasar ini merupakan salah satu bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam mementukan harga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Free Blogger Templates